Kapolres Sumba Barat, Hadir Pada Upacara Kehormatan Dan Renungan Suci Jelang Hari Kemerdekaan RI

Kapolres Sumba Barat, Hadir Pada Upacara Kehormatan Dan Renungan Suci Jelang Hari Kemerdekaan RI

Tribratanewssumbabarat.com ; Telah dilaksanakan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia  ke 76 dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan, Gelora, Kelurahan Padaeweta, Kabupaten Sumba Barat. Senin malam 16 Agustus 2020 pukul 23.30 WITA.

 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Czi. Irawan Agung Wibowo, ST., M. Tr (Han), Komandan Upacara Kapten Inf. Supriatno, Perwira Upacara Letda Inf. Sibawaeh dengan Pasukan Upacara 1 Pleton Personel Kodim 1613 Sumba Barat dan 1 Pleton Personel Polres Sumba Barat.

 

Turut hadir dalam prosesi upacara tersebut, Bupati Sumba Barat Yohanes Dade, S.H., bersama Wakil Bupati Jhon Lado Bora Kabba, Setda Sumba Barat, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., bersama Pejabat Utama Polres Sumba Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Sumba Barat, Ketua Pengadilan Agama Waikabubak, Para Pimpinan OPD Pemda Sumba Barat dan Ketua PKK Sumba Barat.

 

Kegiatan di awali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, penyalaan api obor, pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan.

 

 

 

Kapolres Sumba Barat menuturkan, meskipun berlangsung di tengah suasana pandemi Covid-19, prosesi upacara kehormatan dan renungan suci tetap berlangsung khidmat.

 

Upacara ini merupakan wujud penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

 

Dijelaskannya, Upacara Kehormatan dan Renungan Suci yang dilaksanakan sehari Jelang tanggal 17 Agustus 2021 tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75.

 

“Isilah hari kemerdekaan dengan hal-hal positif, yang mencerminkan kepribadian dan karakter bangsa kita tercinta Indonesia,” ujar FX Irwan saat ditemui tim Humas Polres Sumba Barat.

 

 

Penulis ; Kumbara

Penulis  ; Konan 

Penulis ; Jamet

Editor ; Ben7