Pimpin Rapat Persiapan Jelang Pengamanan Pasola Lamboya, Kapolres Sumba Barat: Pasola Tetap Dilaksanakan Namun Ada Batasan yang Ditentukan

Pimpin Rapat Persiapan Jelang Pengamanan Pasola Lamboya, Kapolres Sumba Barat: Pasola Tetap Dilaksanakan Namun Ada Batasan yang Ditentukan

Tribratanewssumbabarat.com; Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., didampingi Wakapolres Sumba Barat Kompol Ibrahim, S.H., pimpin rapat koordinasi internal terkait pengamanan pesta adat Pasola di Kecamatan Lamboya tahun 2022 di masa pandemi Covid-19.


Kegiatan yang diadakan di Aula Mapolres Sumba Barat itu dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polres Sumba Barat dan Perwira Polres Sumba Barat. Rabu (26/1/2022) siang.


Dalam kesempatan itu, Kapolres Sumba Barat menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan dalam rangka pengamanan pesta adat Pasola Lamboya.


"Pengamanan Pasola mengedepankan kegiatan pencegahan dan penangkalan yang didukung dengan kegiatan intelijen dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.


Kapolres melanjutkan, pesta adat Pasola sudah pasti akan menimbulkan keramaian massa, oleh karena dalam pelaksanaannya nanti perlu adanya batasan - batasan dan tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ketat.


“Pasola tetap dilaksanakan namun ada batasan yang ditentukan, mulai dari pembatasan waktu pelaksanaan dan batasan pengunjung saat Pasola berlangsung. Kenapa dibatasi? Karena mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir, jangan sampai Pasola menjadi pemicu lonjakan Covid-19 di Kabupaten Sumba,” imbuhnya.

 


Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dari pencegahan penyebaran Covid-19 maupun penyebaran virus lainnya seperti varian baru Omicron yang saat ini telah mewabah di Pulau Jawa.


Dikesempatan yang sama, Kabagops Polres Sumba Barat Kompol Antonius Mengga menjelaskan bahwa pola rencana pengamanan Pasola Lamboya dan kekuatan personel yang terlibat dalam pengamanan kegiatan Pasola oleh Polres Sumba Barat sebanyak 203 personel dan di back up oleh personel Brimob dari Kompi 2 Batalyon C Pelopor Sumba Barat.


Dari rapat tersebut disepakati bahwa pelaksanaan Pasola Lamboya hanya ritual adatnya saja kemudian atraksi Pasolanya tidak dilaksanakan sehingga tidak terjadi perkumpulan massa karena pandemi Covid-19 belum usai.


Pasola Lamboya akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 1 Februari 2022 tepatnya di Lapangan Pasola Haronakalla, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya.


Penulis : Kumbara
Editor   : Konan
Editor   : Jamet
Penanggung jawab : Been7.