Polres Sumba Barat Laksanakan Operasi Sola Pora atau Biasa Disebut Operasi Padang

Polres Sumba Barat Laksanakan Operasi Sola Pora atau Biasa Disebut Operasi Padang
Petugas Gabungan melakukan Pengecekan identitas ternak pada Operasi Sola Pora, kamis, 14 juli 2022. Dok. Humas Polres SB.

Tribratanewssumbabarat.com " Sola Pora atau yang biasanya disebut dengan operasi padang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di wilayah hukum Polres Sumba Barat.

Jika ditahun - tahun sebelumnya, Sola Pora mentargetkan pada penertiban identitas ternak milik warga serta menekan angka kriminalitas pencurian hewan ternak. Makan di tahun 2022 ini Sola Pora juga dilaksanakan sebagai upaya monitoring dan pemantauan terhadap penyebaran PMK yang saat ini tengah mewabah di beberapa wilayah di indonesia.


Operasi Sola Pora kali ini digelar di wilayah Kabupaten Sumba Tengah, dengan melibatkan unsur terkait seperti, Koramil 1613-03 Katikutana, Polsek Urban Katikutana dan Polsek Umbu Ratunggay, Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Tengah dan Sat Pol PP kabupaten Sumba Tengah.

 



Selain dilaksanakan di padang, Sola Pora juga menyasar pada kandang ternak milik warga. Dengan melakukan pengecekan identitas ternak ( KTP Ternak ), satu persatu petugas mengecek kondisi ternak dan mencocokkan ciri - ciri fisik ternak dengan KTP Ternak yang ada.

Selama pelaksanaan Sola Pora hari ini, tidak ditemukan adanya kejanggalan dari ternak milik warga maupun indikasi adanya PMK yang dialami oleh ternak warga.

Rencananya Solapora akan dilangsungkan selama 14 - 16 juli 2022, dengan tetap memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap penyebaran PMK maka, petugas meminta agar warga masyarakat segera melapor apa bila menemukan hewan ternak miliknya mengalami gejala PMK.



Penulis : Mondy;
Penulis : Jamet;
Editor    : Kumbara;
Penanggung jawab : Been7.