Kapolres Sumba Barat Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Rangkaian Pesta Adat Pasola Wanukaka

Kapolres Sumba Barat Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Rangkaian Pesta Adat Pasola Wanukaka

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Jelang pelaksanaan Pesta Adat Pasola Wanukaka yang ada beberapa tahap, yakni tahapan ritual adat Pakujil/Pajura pada esok hari tanggal 14 Maret 2020 dan ritual adat Nyale pada tanggal 15 Maret 2020 serta puncak gelaran Pesta Adat Pasola pada tanggal 16 Maret 2020 nanti, pagi hari ini Jumat (13/03/2020) telah digelar giat Apel Persiapan Pengamanan Rangkaian Pesta Adat Pasola Wanukaka oleh jajaran Polres Sumba Barat. 

 

Dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si., giat apel yang berlangsung pada pukul 08.30 Wita ini telah digelar di Lapangan SDM Lahihagalang Desa Waihura, Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat. Hadir pada giat apel yakni Kadis Pariwisata, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Sumba Barat dan 284 personel Polres Sumba Barat serta melibatkan 30 personel Kodim 1613 dan 15 personel Satuan Pol PP. 

Baca Juga ; 

PENGAMANAN | Ribuan Wisatawan & Penikmat 'Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020' Banjiri Lapangan Hobakala

Dalam arahannya, Kapolres Sumba Barat menyampaikan kepada seluruh personel yang akan terlibat dalam gelaran pengamanan Pesta Adat Pasola Wanukaka untuk selalu bersinergi dalam mewujudkan rangkaian Pesta Budaya yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Sumba, sehingga dapat berlangsung dengan lancar, tertib dan aman. 

 

'Mari kita ciptakan gelaran pesta adat dan budaya yang aman serta nyaman untuk masyarakat kita, utamanya bagi para penikmat budaya seperti wisatawan domestik maupun mancanegara', tutur Kapolres. 'Tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak TNI dan Polri saja, giat pengamanan ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bagian dari Sumba', tambahnya.

 

Terbagi dalam 4 (empat) titik atau area, AKBP Khairul memerintahkan seluruh personel untuk standby sebagaimana yang telah ditetapkan dalam surat perintah tugas dengan dipimpin oleh masing-masing Kepala UKL. (f)

 

'BERSAMA KITA WUJUDKAN PESTA ADAT PASOLA WANUKAKA YANG AMAN DAN TERTIB'

#cintasumba

#cintapestaadat

#cintabudayasumba