Personel Propam Rutin Lakukan Pengecakan Terhadap Personel Dan Tahanan Di Mapolres Sumba Barat

Personel Propam Rutin Lakukan Pengecakan Terhadap Personel Dan Tahanan Di Mapolres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com ; Propam merupakan salah satu wadah organisasi Polri yang bertanggung-jawab kepada masalah pembinaan profesi dan pengamanan dilingkungan internal organisasi Polri.

 

Tugas Propam secara umum adalah membina dan menyelenggarakan fungsi pertanggung jawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri dan pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota/PNS Polri.

 

Oleh karena itu, Propam Polres Sumba Barat melakukan pengecekan personel yang sedang melaksanakan Pam Obvit Bank BRI cabang Waikabubak dan Bank BNI Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Rabu pagi, (7/7/21).

 

Pengecekan meliputi kesiap siagaan dan kelengkapan personel, seperti pengecekan sikap tampang serta senjata api yang digunakan pada saat melaksanakan pengamanan.

 

 

 

Selain pengecekan personel Pam Obvit, anggota Propam juga melakukan pengecekan terhadap personel yang melaksanakan pelayanan publik yang berada di Polres Sumba Barat antara lain penjagaan, sidik jari, SKCK, SIM dan pelayanan diluar Polres Sumba Barat di Samsat, Jalan Weekarou, Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

 

 

 

Anggota Propam juga mengecek tahanan yang ada di ruang tahanan Polres Sumba Barat dan Polsek jajaran.

 

Kasi Propam Polres Sumba Barat Aiptu I. Gusti N. Agung. E. Saputra, pengecekan personel terus dilakukan untuk menjaga kedisiplinan personel dalam melaksanakan tugas baik itu di dalam Mapolres maupun di luar Mapolres Sumba Barat,” katanya.

 

“Kami rutin laksanakan kontrol tahanan untuk mengetahui kesiap siagaan petugas jaga tahanan, jangan sampai petugas jaga tahanan tidur saat bertugas sekaligus kami memeriksa keamanan rumah tahanan seperti pemeriksaan kunci/gembok pintu ruang tahanan dan lain lain,” tambahnya

 

“Kontrol rumah tahanan dilakukan minimal dua kali dalam sehari yakni pada pagi dan malam hari, dengan sasaran pengecekan jumlah tahanan, ketersedian air bersih, kondisi kesehatan tahanan, kebersihan ruang tahanan, barang inventaris, barang titipan tahanan dan kesiapan petugas jaga tahanan,” pungkas Iptu Agung.

 

Kasi Propam juga disetiap pengecekannya selalu menyampaikan atensi Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., agar personel selalu mematuhi protokol kesehatan apalagi saat bertugas dilapangan, karena kesehatan itu penting untuk menunjang personel dalam bertugas,” ujarnya.

 

 

Penulis ; Kumbara

Penulis  ; Konan 

Penulis ; Jamet

Editor ; Bento