Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Tengah Pandemi, Warga Terus Disambangi

Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Tengah Pandemi, Warga Terus Disambangi
Bripka Orlando menempelkan stiker imbauan kamtibmas di salah satu rumah warga Ubupede, Kecamatan Loli. Minggu (14/8/2022), siang. (Dok: Bhabin Sek Loli).

Tribratanewssumbabarat.com; Sudah menjadi tugas pokok Bhabinkamtibmas untuk menyambangi warga di desa binaanya guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

 

Oleh karena itu, Bhabinkamtibmas Polsek Loli Bripka Orlando Mahoklory menyambangi salah satu warga binaannya di Desa Ubupede, Kecamatan Loli. Minggu (14/8/2022), siang.

 

Bripka Orlando meminta warga tidak membawa senjata tajam (sajam) di tempat umum. Ia menjelaskan, acara adat di Sumba memang mengaharuskan warga membawa parang, namun tidak di tempat umum.

 

“Boleh saja membawa parang saat urusan adat, namun diluar itu dilarang keras guna mencegah terjadinya tindak pidana. Ditakutkan ketika ada persoalan dengan mudah mencabut parang lalu menebas orang,” ujarnya.

 

Ia berharap apabila ada persoalan dapat dihadapi dengan kepala dingin dan tenang.

 

“Setiap persoalan ada jalan keluarnya, selesaikan dengan kepala dingin, tenang dan tidak dibenarkan main hakim sendiri,” jelasnya.

 

Disamping memberikan imbauan kamtibmas, ia juga mengingatkan warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

 

“Ingat masa pandemi belum usai, tetap patuhi prokes guna pencegahan penularan Covid-19 diwilayah kita,” tambahnya.

 

Usai memberikan imbauan, Bhabinkamtibmas memberikan kartu nama Bhabinkamtibmas dan menempelkan stiker imbauan kamtibmas. 

 

Ditempat terpisah, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., berharap warga mau bekerja sama dengan kepolisian dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah.

 

“Keamanan dan ketertiban di desa semata-mata bukan hanya tugas Polri saja, namun tanggung jawab bersama. Mewujudkan dan menjaga kondusifitas wilayah itu harus ada kerja sama dan kemitraan yang baik antara Polri dan masyarakat,” tandasnya.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.