Antisipasi Karhutla, Kapolres Sumba Barat Pimpin Lat Pra Ops Bina Karuna Turangga 2022

Antisipasi Karhutla, Kapolres Sumba Barat Pimpin Lat Pra Ops Bina Karuna Turangga 2022
Kapolres didampingi Kabag Ops Polres Sumba Barat memberikan arahan pada Lat Pra Ops Bina Karuna Turangga 2022 di Aula Mapolres Sumba Barat. Selasa (2/8/2022), pagi. (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., didampingi Kabag Ops Polres Sumba Barat AKP Made Mudana pimpin Latihan Pra Operasi Bina Karuna Turangga 2022 di Aula Mapolres Sumba Barat. Selasa (2/8/2022), pagi.

 

AKBP Gde Anom menjelaskan bahwa Operasi Karuna Turangga 2022 mengedepankan fungsi Binmas, namun kegiatan ini butuh kebersamaan dan kekompakan setiap fungsi kepolisian dalam menjalankan tugas di lapangan.

 

“Yang saya pelajari di pulau Sumba khususnya Sumba Barat adalah kebakaran hutan Bagian perbukitan,” ucapnya saat memberikan arahan.

 

Menurut AKBP Gde Anom, langkah yang harus diambil ialah memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya kelompok tani kemudian pemasangan spanduk, pembagian pamflet serta kampanye media online.

 

“Sepengetahuan saya, cara mengetahui titik api dengan cara menginstal aplikasi LAPAN Fire Spot atau Browsing Sponge selanjutnya turun kelapangan memastikan kebenaran informasi tersebut,” ujarnya.

 

 

Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka wajib mendatakan nama pemilik lahan tersebut dan melakukan pemeriksaan sesuai peraturan yang ada kemudian berkoordinasi dengan instansi terkait lainya.

 

“Melakukan maping sasaran atau lokasi yang dianggap rawan Karhutla sehingga pada saat pelaksanaan operasi benar-benar sesuai sasaran yang telah ditentukan. Dilihat setiap waktu menggunakan aplikasi LAPAN, silahkan personel yang terlibat dalam operasi mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut saat melaksanakan tugas,” imbuhnya.

 

Terakhir ia berpesan kepada seluruh personel yang terlibat untuk melaksanakan kegiatan dengan penuh tanggung jawab, apabila terjadi Karhutla dilapangan dan membutuhkan bantuan personel tambahan maka segera melaporkan secara berjenjang.

 

Operasi Bina Karuna Turangga 2022 ini rencananya akan digelar dari tanggal 2 hingga 15 Agustus mendatang. Sebanyak 48 personel akan diterjunkan dalam operasi, sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sumba Barat Nomor: Sprin/93/VII/OPS 1.3./2022 Bina Karuna Turangga-2022.

 

Turt hadir dalam kegiatan tersebut para Kabag, Kasi, Perwira serta seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Bina Karuna Turangga 2022.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.