Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Ranakah 2021, Kapolres Sumba Barat Bacakan Amanat Kapolda NTT

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Ranakah 2021, Kapolres Sumba Barat Bacakan Amanat Kapolda NTT

Tribratanewssumbabarat.com ; Kepala Kepolisian Resor Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K. M.H., pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Ranakah tahun 2021 di halaman Mapolres Sumba Barat, Senin (15/11/21) pagi.

Apel dihadiri seluruh PJU Polres Sumba Barat dan perserta apel yang terdiri dari 1 Peleton Lantas,1 Peleton Samapta, 1 Peleton Staf serta 1 Peleton Gabungan Reskrim dan Intel.

Operasi Zebra tersebut dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 di tengah pandemi Covid-19 guna meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Sumba Barat.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Sumba Barat membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah Polda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H. M.H.

“Dewasa ini permasalahan dalam bidang lalu lintas semakin kompleks, seiring perkembangan teknologi dan juga konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Kapolres.

Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalu lintas. kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

Ia menerangkan data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT berdasarkan aplikasi Integrated Road Safety Managenemnt System (IRSMS) yang dikelola Ditlantas Polda NTT pada tahun 2020 sebanyak 1.125 kejadian dengan korban meninggal dunia 393 orang, luka berat 412 orang dan luka ringan sebanyak 1.327 orang.

“Dibandingkan pada tahun 2019 sebanyak 1.428 kejadian, terjadi penurunan jumlah kecelakaan sebesar 303 kejadian atau turun 21 persen. Pelanggaran lalu lintas pada tahun 2020 sejumlah 23.047, dibandingkan tahun 2019 sejumlah 37.302 pelanggaran terjadi, penurunan sebanyak 14.255 pelanggaran atau 81 persen,” papar Kapolres.

Sebelum mengakhiri sambutan, kepada seluruh jajaran perlu saya tekankan kembali selama pelaksanaan operasi agar dilakukan secara humanis, hindari hal-hal kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri dimasyarakat serta berikan edukasi terkait kamseltibcar lalulintas kepada masyarakat.

Tetap laksanakan himbauan terkait protokol kesehatan, wilayah kita saat ini sudah level 1 dan masuk dalam kategori zona hijau penyebaran covid-19. Ingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes hingga wilayah kita dinyatakan bebas dari covid-19 kedepan. Tutup Kapolres.

 

Penulis : Kumbara
Editor   : Konan
Editor   : Jamet
Penanggungjawab : Been7.