Dihadiri Pejabat Daerah, Kapolres Sumba Barat Resmikan Desa Tangguh Dan Kampung Tangguh Nusantara

Dihadiri Pejabat Daerah, Kapolres Sumba Barat Resmikan Desa Tangguh Dan Kampung Tangguh Nusantara

Tribratanewssumbabarat.com ; Berbagai langkah kerap dilakukan pihak Pemerintah demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera, terutama dimasa pandemi seperti saat ini. Tidak terkecuali institusi Kepolisian dengan melakukan berbagai terobosan demi kepentingan masyarakat secara umum.

 

Salah satu terobosan Kepolisian yang di awaki oleh Satuan Binmas melalui para Bhabinkamtibmas yakni Kampung Tangguh Nusantara.

 

Hari ini Senin 15 Maret 2021, yang bertempat di Lapangan Polres Sumba Barat telah dilaksanakan Upacara Peresmian Kampung Tangguh secara serentak untuk Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto,S.I.K.,M.H., serta di hadiri oleh PLH Bupati Sumba Barat Drs. Daniel B. Pabala, Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa,Kasdim 1613 Sumba Barat,  Waka Polres Sumba Barat Kompol Yulius Ola, para Forkopimda, para Perwira Polres Sumba Barat, Tokoh Masyarakat, para Warga Desa tangguh dan masyarakat Kampung tangguh.

 

Melalui Upacara Peresmian Kampung Tangguh tersebut Kapolres Sumba Barat menyampaikan bahwa harus ada kerjasama yang baik dari semua pihak dalam mewujudkan Sumba Barat dan Sumba Tengah yang lebih baik salah satunya melalui Desa tangguh dan Kampung tangguh. Terobosan Desa Tangguh dan Kampung Tangguh Nusantara tersebut sebagai wujud kepedulian institusi Kepolisian khususnya Polres Sumba Barat dalam menghadapi pandemi covid 19 serta mewujudkan masyarakat yang taat hukum, inovatif, kreatif serta saling bersinergi dalam menjaga situasi Kamtibmas dalam menuju masyarakat yang sejahtera, aman dan damai.

Pada kegiatan Upacara tersebut, Kapolres Sumba Barat juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap berpartisipasi dalam berbagai terobosan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, sehingga dapat terwujudnya Sumba Barat dan Sumba Tengah yang lebih baik ke depannya.

 

Kegiatan yang di pimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat tersebut meresmikan 11 Desa Tangguh dan Kampung Tangguh

 

1. Kampung Tangguh Nusantara Kabota Indah: Jenis Ketangguhan Peningkatan Ketahanan Pangan di Bidang Holtikultura. Di Kampung Kerekakunta, Desa Ringu Rara, Kec.Lamboya.

2. Kampung Tangguh Nusantara Manuwolu: Jenis Ketangguhan Pariwisata dan Perikanan ( Nelayan) di Pantai Rua, Desa Rua, Kec.Wanukaka, Kab.Sumba Barat.

3. Kampung Tangguh Nusantara Marada Deta Pro Oli Milla : Jenis Ketangguhan Katahanan⁰ Pangan melalui olahan hasil kebun menjadi makanan dan minuman serta obat - obatan Tradisional tenunan kain dan Anyaman, di Kampung Maradesa, Desa Maradesa, Kec. Umburatunggay, Kab.Sumba Barat.

4. Kampung Tanggung Nusantara Cinta Damai: Jenis Ketangguhan di Bidang Budi Daya Ikan Tawar dan Sayur Mayur, di Desa Ubu Raya, Kec.Loli, Kab.Sumba Barat.

5. Desa Tangguh Nusantara Watutakula: Jenis Ketangguhan Ketahanan Pangan melalui Holtikultura dan Budidaya ikan air Tawar, di Desa Ubu Pede, Kec.Loli, Kab.Sumba Barat.

6. Desa Tangguh Nusantara Umbu Mamijuk: Jenis Ketangguhan Ketahanan Pangan berupa Tanaman Jagung dan Tanaman Padi, di Desa Umbu Mamijuk,Kec.Umburatunggay Barat, Kab.Sumba Tengah.

7. Desa tangguh Nusantara Umbu Pabal Selatan : Jenis Ketangguhan Ketahanan Pangan berupa Tanaman Jagung dan Tanaman padi, di Desa Umbu Pabal selatan, Kec.Umburatunggay Barat, Kab.Sumba Barat.

8. Desa Tangguh Nusantara Oka Wacu : Jenis Ketagguhan Ketahanan Pangan Berupa Tanaman Jagung dan tanaman Padi, di Desa Oka Wacu, Kec.Katikutana Selatan, Kab.Sumba Barat.

9. Desa Tangguh Nusantara Makatakeri: Jenis Ketangguhan Ketahanan Pangan Berupa Tanaman Jagung dab Tanaman Padi, di Desa Makatakeri, Kec.Katikutana selatan, Kab.Sumba Tengah.

10. Desa Tangguh Nusantara Tanamodu: Jenis Ketangguhan Katahan pangan berupa Tanaman Jagung dan Tanaman Padi, di Desa Tanamodu, Kec.Katikutana selatan, Kab.Sumba Tengah.

11. Desa Tangguh Nusantara Gollu key: Jenis Ketangguhan Ketahanan Pangan melalui Tenun ikat kain Sumba, di Desa Umbu Pede, Kec.Loli, Kab.Sumba Barat.

 

Kegiatan tersebut di akhiri dengan membunyikan Gong dan pelepasan balon sebagai simbol di resmikannya Desa Tangguh dan Kampung Tangguh di Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah.IG