Kapolres Sumba Barat PimpinLangsung Pengamanan Pasola Wanukaka

Kapolres Sumba Barat PimpinLangsung Pengamanan Pasola Wanukaka

Tribratanewssumbabarat.com" Pasola yang merupakan salah satu budaya Sumba berwujud permainan perang dua kelompok pasukan berkuda yang saling melempar lembing (tombak kayu) di sebuah padang savana kembali digelar di Bumi Sumba. Dan hari ini Jumat (1/03/2024), pergelaran Pasola dilakukan di Lapangan Pasola Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

 

 

Kapolres  Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., membawa armadanya untuk melakukan pengamanan selama berlangsungnya event budaya Pasola. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dimana dapat menganggu kestabilan situasi kamtibmas, mengingat ini merupakan event budaya yang banyak dinanti-nanti masyarakat setempat maupun para wisatawan.

 

 

Apabila situasi mulai memanas segera lakukan pendekatan secara humanis dan tegas, Pasola Wanokaka  ini harus berjalan lancar,” Ujar Akbp Benny.

 

 

Adapun personel yang bertugas  melaksanakan pengamanan terdiri dari 300 personel yang terdiri dari 227 personel Polres Sumba Barat,1 Pleton Brimob Batalyon Kompi 2 dan Kompi 3 C  Pelopor yang di pimpin oleh Danki C Pelopor  dan 1 Pleton TNI dari Kodim 1613 Sumba Barat beserta dinas perhubungan.

 

 

Selain pengamanan, Polres Sumba Barat juga melibatkan personel Lalu Lintas untuk melaksanakan pengaturan arus jalan. 

 

 

Sepanjang berlangsungnya pesta adat Pasola, personel TNI - Polri terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar selalu menjaga situasi kamtibmas agar Pasola dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

 

 

Pengamanan Pasola Wanokaka diakhiri dengan pelaksanaan Apel konsolidasi yang dipimpin oleh Kapolres Sumba Barat.

 

 

 

Humas Polres Sumba Barat*