Pastikan Atraksi Pasola Aman ; Kapolres Sumba Barat dan Dandim 1613 Sumba Barat Pimpin Langsung Pelaksanaan Pengamanan Pasola Wanukaka

Pastikan Atraksi Pasola Aman ; Kapolres Sumba Barat dan Dandim 1613 Sumba Barat Pimpin Langsung Pelaksanaan Pengamanan Pasola Wanukaka

Tribratanewssumbabarat.com ; Setelah pelaksanaan Ritual Adat Pasola di Kecamatan Lombaya, Kabupaten Sumba Barat beberapa waktu lalu, kini giliran pelaksanaan Ritual Adat Pasola di Kecamatan Wanukaka. 


Pasola merupakan salah satu ritual adat aliran Kepercayaan Marapu di Kabupaten Sumba Barat. Ritual adat Pasola merupakan kegiatan yang banyak mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, setiap tahunnya Polres Sumba Barat bersama seluruh instansi terkait melaksanakan pengamanan Pasola maupun kegiatan lain terkait pelaksanaan ritual tersebut.


Kali ini, kurang lebih 300 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub di terjunkan dalam pengamanan Pasola di Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat. Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H., dan Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Czi. Rahadian Firnandi,S.Hub. Int., pimpin langsung gelar pasukan gabungan pengamanan tersebut.

 


Dalam pelaksanaan pengamanan teraebut, Kapolres Sumba Barat maupun Dandim 1613 Sumba Barat memerintahkan personel pengamanan agar tetap menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker dalam mengantisipasi penyebaran pandemi covid - 19. Dalam pengamanan Pasola tetap  mengedepankan tindakan yang humanis, hindari sikap arogansi yang dapat mimicu terjadinya gangguan kamtibmas, pungkas Kapolres.


Kapolres juga menyampaikan agar pelaksanaan pengamanan dilakukan dengan cara persuasif dan humanis. Jangan arogan atau melakukan tindakan kekerasan dalam melakukan penertiban terhadap masyarakat yang hadir. Tegas AKBP Agung.


Selain melibatkan ratusan personel pengamanan, sejumlah kendaran taktis (Rantis) dilibatkan seperti APC serta Water Canon. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan. Namun hingga usai, kegiatan Pasola berjalan dengan aman dan tertib. 


Dalam apel konsolidasi, Kapolres Sumba Barat dan Dandim 1613 Sumba Barat mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang telah melaksanakan penganan Pasola Wanukaka. Tak lupa pula, Kapolres dan Dandim juga mengucapkan terima kasih atas peran serta seluruh masyarakat sehingga kegiatan Pasola dapat berjalan dengan aman dan tertib.

 

Penulis : Kumbara
Editor   : Konan
Editor   : Jamet
Penanggung jawab : Been7.