Pimpin Apel Pagi, Kapolres Sumba Barat Imbau Waspada Cuaca Ekstrem

Pimpin Apel Pagi, Kapolres Sumba Barat Imbau Waspada Cuaca Ekstrem
Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., pimpin apel pagi. Senin (6/2/2023). Dok (Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Apel pagi selain merupakan kewajiban yang mesti ditunaikan oleh anggota Polri juga sebagai wadah bagi pimpinan untuk memberikan arahan dan penekanan penting terkait pelaksanaan tugas kedepan.

 

Pagi ini, Kepala Kepolisian Resor Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., pimpin apel di Lapangan Apel Pasola Mapolres Sumba Barat. Senin (6/2/2023).

 

Dalam arahannya, AKBP Gde Anom mengatakan bahwa, kemarin (5/2), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

 

“Yang mana kondisi ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem berupa hujan dan disertai angin kencang di sejumlah daerah selama sepekan kedepan (6-12 Februari 2023).” jelasnya.

 

 

Menurut BMKG, lanjut AKBP Gde Anom, wilayah dengan potensi dampak hujan lebat yang perlu diwaspadai yakni meliputi, Banten, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

 

“Layaknya pagi ini, cuaca mulai tidak bersahabat. Maka dari itu kita semua harus siaga dan waspada menghadapi cuaca ekstrem ini. Cuaca esktrem dapat menimbulkan banyak sekali kerugian,” tambahnya.

 

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk melakukan penataan lingkungan dengan baik, tidak membuang sampah dan melakukan penebangan pohon sembarangan serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

 

"Ada baiknya dahan dan ranting pohon yang sudah rapuh segera dilakukan pemangkasan. Bagi yang berada di wilayah bukit dan pegunungan waspadai terjadinya tanah longsor, serta yang berada di daerah dekat sungai waspadai banjir bandang," ujarnya.

 

Diakhir arahannya, AKBP Gde Anom menginstruksikan seluruh personelnya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terkait prakiraan cuaca ekstrem ini.

 

“Segera informasikan hal ini kepada masyarakat untuk lebih waspada agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya.

 

 

 

Penulis : Jamet.
Penulis : Mondy.
Editor  : Kumbara.
Editor  : Kris J.
Penanggung Jawab : Ben7.