Sosok Bhabinkamtibmas Inspiratif Polres Sumba Barat, Andreas B. M. Mudja Bangun Dua Gereja dan Rutin Berikan Bansos

Sosok Bhabinkamtibmas Inspiratif Polres Sumba Barat, Andreas B. M. Mudja Bangun Dua Gereja dan Rutin Berikan Bansos

Tribratanewssumbabarat" Bripka Andreas B. M. Mudja Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratunggay Polres Sumba Barat membangun dua gereja didesa binaannya Desa Bolubokat, Kecamatan Umbu Ratunggay Tengah, Kabupaten Sumba Tengah.

 

Diceritakan Andreas, awal mula ia mempunyai keinginan untuk membangun rumah ibadah tersebut karena dirinya merasa rumah ibadah tersebut tidak layak dipakai untuk beribadah. 

 

Kejadian tersebut berawal pada saat ia sedang melakukan sambang dan sekaligus mengikuti ibadah di gereja tersebut. Sepulang dari kegiatan sambangnya, Andreas bercerita kepada keluarganya.

 

"Saya ceritakan apa yang saya alami kepada istri saya. Saya sampaikan kalau saya ingin membantu membangun gereja di desa tersebut,” ujarnya.

 

"Pada saat itu saya menyampaikan kepada istri saya, bahwa saya ingin meminjam uang bank (kredit di bank) untuk membantu masyarakat disana membangun gereja agar dapat beribadah dengan baik. Setelah saya bercerita kepada istri saya, ia mendukung keinginan saya. Esok harinya dengan membawa permohonan pinjaman bank saya menghadap Kapolres Sumba Barat," ungkap Andreas saat ditemui Humas Polres Sumba Barat.

 

 

 

 

Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi Humas Polres Sumba Barat, ia membenarkan hal tersebut. Bahwa ada anggota yang bernama Andreas Mudja datang menemuinya. Ia menyampaikan akan mengajukan pinjaman uang di bank untuk membantu masyarakat di Desa binaannya membangun gereja.

 

Ia selaku pimpinan di Polres Sumba Barat merasa tersentuh dengan niat baik anggota tersebut. Pada kesempatan itupun dirinya menyampaikan akan membantu anggotanya tersebut.

 

“Saya bantu kamu dalam pembangunan gereja tersebut, apa yang dibutuhkan sampaikan dan akan saya bantu," ujar Kapolres.

 

Atas dukungan Kapolres Sumba Barat tersebut, Andreas semakin bersemangat untuk mewujudkan pembangunan gereja di Desa binaannya tersebut.

 

Hingga kini sudah dua buah rumah ibadah dalam hal ini gereja yang telah dibangun Andreas. Diantaranya Rumah Pastoran Gereja Stasi Hati Kudus Yesus Paroki ST. Yoseph Lendiwacu dan Gereja Ranting Palecuk Temung, Cabang GKS Waikambila Bolubokat. Kedua gereja tersebut bertempat di desa Bolubokat, Kecamatan Umbu Ratunggay Tengah, Kabupaten Sumba Tengah.

 

 

 

Kepedulian Andreas tidak hanya sampai disitu saja. Ia juga sering melakukan bantuan sosial (baksos) berupa beras yang diberikan kepada warga yg tidak mampu serta ia juga membagikan pakaian bekas layak pakai kepada masyarakat di desa binaannya tersebut. Berkat kebaikannya ini Andreas selalu dinantikan kedatangannya oleh warga binaannya.

 

Hari ini hal baik yang sering dilakukan Andreas mendapat perhatian dari pimpinan Polri, ia dijadikan sosok anggota Polri yang inspiratif. Kamis 9 desember 2021 ia diminta menceritakan pengalamannya serta kepeduliannya atas warga desa binaannya tersebut pada siaran Polri Tv, bertajuk Polri Presisi Inspiratif ia menceritakan apa yang ia lakukan selama ini.

 

Hal baik tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anggota Polri yang lain, dengan demikian Polri yang Presisi dapat terwujud. Seperti yang telah ditayangkan Polri Tv pada link berikut https://tvradio.polri.go.id/program/detail/8119.

 

 

 

Penulis  : Kumbara

Editor    : Konan

Editor    : Jamet

Penanggungjawab : Been7.