Wakapolda NTT Datangi Mapolsek Wanukaka, Ada Apa?

Wakapolda NTT Datangi Mapolsek Wanukaka, Ada Apa?
Foto Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto bersama Kades Sekecamatan Wanukaka saat melaksanakan kegiatan supervisi terkait penerapan Polsek Harkamtibmas di Polsek Wanukaka. Kamis (3/11), siang. (Dok: Humas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto bersama Tim Pokja Polda NTT didampingi Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata S.I.K., M.H., mendatangi Mapolsek Wanukaka, Sumba Barat. Kamis (3/11/2022), siang.

 

Kedatangan Wakapolda NTT bersama rombongan tersebut dalam rangka melaksanakan supervisi dan evaluasi terkait penerapan Polsek Harkamtibmas pada Polsek Wanukaka, Polres Sumba Barat.

 

Kegiatan supervisi itu diawali dengan kata sambutan oleh Camat Wanukaka Ruben Wengu Bora, S.Pd., dengan memberikan ucapan selamat datang kepada Wakapolda NTT beserta rombongan.

 

“Selaku Camat diwilayah ini, saya mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada bapak Wakapolda NTT bersama rombongan,” ujarnya.

 

 

Didepan rombongan dan masyarakat yang hadir, Camat Wanukaka menjelaskan terkait situasi dan kondisi diwilayah Kecamatan Wanokaka.

 

“Wilayah Kecamatan Wanukaka kurang lebih seluas 133,68 km2 dengan jumlah penduduk yang cukup padat sebanyak 18.788 jiwa. Situasi dan kondisi saat ini dalam keadaan kondusif,” ujarnya.

 

Wilayah Wanukaka memang terbilang kondusif, namun hal tersebut belum membuat kepala di wilayah Wanukaka itu merasa puas. Menurutnya Polsek Wanukaka harus mendapatkan tambahan personel, sarana dan prasarana guna mendekatkan diri dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Dimohon hal ini dapat menjadi perhatian Bapak Wakapolda NTT demi kesejahteraan masyarakat Wanukaka,” imbuhnya.

 

Dilanjutkan Kapolres Sumba Barat, AKBP Gde Anom membenarkan bahwa situasi keamanan di Kecamatan Wanukaka berjalan dengan baik dan Laporan Polisi pun tidak lebih dari 12 LP selama satu tahun kebelakang.

 

Kemudian terkait dengan minimnya personel di Polsek Wanukaka yang saat ini hanya berjumlah 13 orang serta sarana dan prasarana, Kapolres mengaku telah mengajukan permintaan ke Polda NTT.

 

“Kami Polres Sumba Barat telah mengajukan permintaan ke Polda NTT dan kami akan memperdayakan keterbatasan personel, sarana dan prasarana tersebut dalam melayani masyarakat di wilayah hukum Polsek Wanukaka,” jelasnya mengakhiri sambutan.

 

 

Tiba giliran Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. Heri berterima kasih kepada jajaran Polres Sumba Barat bersama masyarakat diwilayah Wanukaka yang telah menyambut kedatangan tim dengan sangat baik.

 

“Terima kasih karena telah menyambut kami dengan sangat baik, perlu diketahui kegiatan yang kami laksanakan saat ini bukan sebuah kunjungan melainkan merupakan kegiatan supervisi,” ucapnya.

 

Dijelaskan Brigjen Pol. Heri, bahwa untuk menjadi Polsek Harkamtibmas mengacu pada persyaratan tidak boleh lebih dari sepuluh Laporan Polisi selama satu tahunnya. Sehingga kedepan Polsek Wanukaka akan di evaluasi terkait kebijakan sebagai Polsek Harkamtibmas.

 

Ia mengatakan bahwa kepercayaan publik terhadap Polri saat ini cukup turun sehingga diharapkan kepada seluruh personel agar mengembalikan kepercayaan publik tersebut dengan cara membangun kemitraan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

“Tugas Polri sudah jelas di Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 yakni sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” tegasnya.

 

 

Lebih lanjut, Brigjen Pol. Heri menyampaikan pesan Bapak Presiden, Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda agar memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat dan tidak bertele-tele, sehingga dapat mengembalikan kepercayaan publik.

 

“Diharapkan untuk melakukan kegiatan kemitraan (coffee morning) dengan melibatkan stakeholder terkait, melaksanakan kegiatan bersama, seperti Siskamling dan ronda malam. Kehadiran sosok Polri dirindukan ditengah masyarakat,” ucapnya.

 

Brigjen Pol. Heri menitipkan pesan khusus kepada personel Bhabinkamtinmas dan Kepala Desa yang mana kedua pilar tersebut merupakan ujung tombak terciptanya kondusifitas dilingkungan masyarakat.

 

“Apabila terjadi suatu permasalahan dilingkungan masyarakat, segera mungkin untuk diselesaikan dengan mengedepankan asas kekeluargaan dan restoratif justice,” tandasnya.

 

Usai memberikan sambutan, Wakapolda NTT bersama rombongan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu serta melakukan penanaman pohon dihalaman Mapolsek Wanukaka.

 

 

Adapun Tim Pokja Polda NTT tersebut, AKBP Albertus Andreana, S.I.K., Kompol I Ketut Wiyasa dan Pembina Wilhemina Asone, S.E, M.M., turut hadir Wakapolres Sumba Barat Kompol Ibrahim bersama PJU Polres Sumba Barat, Wadanki Brimob Subden Plopor Sumba Barat dan Sumba Tengah, Kapolsek Wanukaka, Danramil Walakaka, para Kepala Desa Sekecamatan Wanukaka, tokoh agama, tokoh masyarakat, personel Bhabinkamtibmas Polres dan Polsek jajaran Polres Sumba Barat serta Bhabinsa Walakaka.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.