Antisipasi dan Cegah Wabah PMK di Wilayah Binaanya, Si Lengan Kuning Edukasi Warga

Antisipasi dan Cegah Wabah PMK di Wilayah Binaanya, Si Lengan Kuning Edukasi Warga
Bripka Afif menyambangi warga binaanya memberikan imbauan dan edukasi terkait pencegahan wabah PMK hewan ternak. Senin (25/7/2022), siang. (Dok: Pers Bhabinkamtibmas).

Tribratanewssumbabarat.com; Polres Sumba Barat, Si Lengan Kuning Polsek Wanokaka Bripka Afifudin menyambangi salah satu warga binaannya di Taramanu, Wanokaka, Sumba Barat. Senin (25/7/2022), siang.

 

Sambang yang dilakukan Bhabinkamtibmas itu dalam rangka memberikan imbauan serta edukasi kepada warga guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak diwilayah binaannya.

 

“Guna memastikan hewan ternak warga bebas dari penyakit mulut dan kuku, kami terus mengunjungi para peternak,” ujar Bripka Afif saat dikonfirmasi Humas Polres Sumba Barat. Selasa (26/7/2022), pagi.

 

Bripka Afif juga menjelaskan beberapa cara untuk menjaga hewan ternak agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit mulut dan kuku.

 

“Agar ternak terhindar dari PMK, peternak harus menjaga kebersihan kandang kemudian melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan vitamin guna menjaga kesehatan hewan ternak serta selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan maupun Dinas Pertanian setempat,” jelasnya.

 

Melalui Bripka Afif, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., mengimbau warga untuk tidak panik apabila mendapati hewan ternaknya mengalami gejala PMK.

 

“Jangan khawatir karena penyakit ini tidak menular pada manusia melainkan hanya pada hewan saja,” imbuhnya.

 

Walau begitu, Kapolres juga berharap warga selalu menjaga kesehatannya. Terutama cuaca saat ini wilayah Sumba sedang dingin-dinginnya.

 

“Jangan lupa memakai jaket tebal apabila keluar rumah terutama saat malam hari. Hewan ternak sehat warga juga harus sehat,” tandasnya.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.