Cegah Aksi Premanisme dan Tindak Kriminalitas di Wilayah Hukumnya, Kapolsek Wanukaka Gencarkan KRYD

Cegah Aksi Premanisme dan Tindak Kriminalitas di Wilayah Hukumnya, Kapolsek Wanukaka Gencarkan KRYD

Tribratanewssumbabarat.com " Antisipasi aksi premanisme dan tindak kriminal jelang dilaksanakannya Ritual Adat Pasola diwilayah hukumnya. Kapolsek Wanukaka Ipda I Made Budiarta mengeluarkan Surat Perintah Tugas No : Sprin Gas / 05 / II / 2022 / Sek. Wanukaka, tentang patroli malam dan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan guna menjamin situasi kamtibmas yang kondusif diwilayah hukum Polsek Wanokaka.

Sasaran dilakukannya Patroli Malam dan KRYD ini diantaranya penertiban kegiatan masyarakat yang dilakukan di malam hari yang dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas diantaranya berupa kegiatan kumpul - kumpul masyarakat yang disertai dengan konsumsi miras serta penertiban penggunaan senjata tajam.

Malam ini KA SPK I Bripka Kadek Adi Artana bersama dua orang anggota piket jaga melakukan patroli dan menertibkan kelompok remaja yang masih melakukan aktifitas diluar rumah di malam hari, tepatnya kegiatan kumpul - kumpul dipinggir jalan.

Pada kesempatan tersebut, petugas menanyakan kegiatan yang dilakukan oleh kelompok remaja yang sedang berkumpul dipinggir jalan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan apakah kegiatan tersebut disertai dengan konsumsi miras atau tidak. Setelah dilakukan pemeriksaan serta introgasi oleh petugas, tidak ditemukan adanya miras dan juga senjata tajam (parang) yang dibawa oleh kelompok remaja tersebut.

 

Selanjutnya petugas menghimbau agar masing-masing remaja yang melakukan kegiatan kumpul - kumpul tersebut untuk kembali kerumah masing - masing dikarenakan malam sudah semakin larut. Kegiatan tersebut dapat memicu terjadinya aksi premanisme dan juga kriminalitas. Petugas juga mengingatkan agar kegiatan tersebut tidak diulangi lagi. 

Mengakhiri kegiatan tersebut, petugas menghimbau agar para remaja tersebut tetap mentaati protokol kesehatan covid-19. Saat ini covid-19 sedang mengalami mutasi dengan varian baru yaitu Omnicorn.

" Kepada semua yang ada malam ini, tetap taati prokes. Pandemi Covid-19 masih belum usai. Sekarang varian baru dengan jenis Omnicorn sedang mengalami peningkatan. Mari sayangi diri kita dan keluarga kita dengan tetap mentaati prokes." Pungkas Kadek.


Berada di tempat terpisah, Kapolsek Wanokaka menuturkan kegiatan Patroli Malam dan KRYD diwilayah hukum Polsek Wanokaka kami tingkatkan terlebih jelang pelaksanaan pesta adat Pasola yang akan berlangsung diwilayah kecamatan wanokaka dalam waktu dekat.

" Kami ingin menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, kami tidak ingin kecolongan dengan adanya gangguan kamtibmas dilingkungan masyarakat. Oleh karena itu kami akan terus laksanakan dan tingkatkan Patroli Malam yang disertai KRYD seperti malam ini. Hal ini juga seiring sejalan dengan cipta kondisi jelang perhelatan Ritual Adat Pasola yang akan berlangsung di Kecamatan Wanokaka dalam waktu dekat. Pungkas Made saat dikonfirmasi Humas Polres Sumba Barat.

 

 

Penulis : Kumbara
Penulis : Jamet
Editor  : Konan
Penanggungjawab : Been7.