Kapolres Sumba Barat Bersama Forkopimda Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara Ke - 75 Secara Virtual

Kapolres Sumba Barat Bersama Forkopimda Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara Ke - 75 Secara Virtual

Tribratanewssumbabarat.com ; Semua rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke - 75 sudah dilaksanakan baik itu di tingkat Mabes, Polda maupun di tingkat Polres.

 

Hari ini tanggal 1 Juli 2021 merupakan hari puncak pelaksanaan Hari Bhayangkara ke - 75 dengan tema " Transformasi Polri yang Presisi mendukung percepatan Penanganan Covid - 19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional menuju Indonesia maju ".  Berkaitan dengan masa pandemi covid 19, pelaksanaan Hari Bhayangkara ke - 75 tahun 2021 dilaksanakan secara virtual.

Upacara dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia yang di pimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Khususnya di Polres Sumba Barat, Upacara Virtual Hari Bhayangkara ke - 75  di hadiri oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H., Bupati Sumba Barat Yohanis Dade,SH, Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S.K.Limu,  Dandim 1613 Sumba Barat ( yang mewakili ), Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Ketua Kejaksaan Negeri Waikabubak ( yang mewakili ), Ketua Pengadilan Agama Sumba Barat, Waka Polres Sumba Barat, Danki Brimob Sumba Barat, para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek jajaran Polres Sumba Barat.

Dalam Hari Besar Kepolisian Republik Indonesia tersebut, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan beberapa hal, yakni ;

 

1. Dalam amanatnya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo meyampaikan agar seluruh jajaran kepolisian untuk bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan wewenang.

2. Saya ingatkan, penggunaan kewenangan Polri melakukan penangkapan, melakukan penahanan, melakukan penggeledahan, melakukan penyitaan dan seterusnya harus dilakukan secara bijak dan dilakukan secara bertanggung jawab.

3. Presiden Ir. H. Joko Widodo  mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara Pancasila dan demokrasi. Hak-hak asasi manusia harus tetap dijunjung tinggi.

4.Oleh karenanya, Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tetapi juga mesti menjadi pengayom dan pelindung masyarakat.

5. Polri harus berwajah ramah dan selalu melayani masyarakat. Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma - norma martabat masyarakat.

6. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut,  pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius. Rekrutmen, pendidikan, dan promosi wajib dilakukan secara transparan dan akuntabel.

7. Dibutuhkan karakter anggota yang sesuai dengan tugas-tugas Polri, sekaligus menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

8. Presiden Ir. H. Joko Widodo pun meminta supaya Polri terus membenahi manajemen dan kelembagaannya. Hal ini dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

9. Polri harus melakukan pembenahan komprehensif terkait kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini.

10. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa dan negara juga semakin kompleks. Polri harus berpacu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan.

11. Presiden Ir. H. Joko Widodo juga berpesan agar jajaran Kepolisian terus berperan aktif mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

12. Di tengah keseriusan Polri terlibat aktif dalam penanganan pandemi Covid-19, Polri ytidak boleh lengah dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya, Polri tidak boleh lengah sedikit pun dalam menjaga keamanan ketertiban masyarakat dan penegakan hukum.

 

Kegiatan Upacara Hari Bhayangkara ke -75 tersebut berakhir pada pukul 10.40 Wita dengan aman dan terkendali.


 

Penulis ; Kumbara
Penulis  ; Konan
Penulis ; Jamet
Editor ; Bento.