Personel Polsek Umbu Ratunggay Padamkan Api Karhutla Di Kawasan Taman Nasional

Personel Polsek Umbu Ratunggay Padamkan Api Karhutla Di Kawasan Taman Nasional

Tribratanewssumbabarat.com ; Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kawasan Taman Nasional (Hutan Lindung Manupeu Tanadaru), Desa Mbilur Pangadu, Kecamatan Umbu Ratunggay, Kabupaten Sumba Tengah akibat pembukaan lahan oleh warga pada Selasa, (27/7/21) siang.

Diperkirakan luas lahan atau padang pada Kawasan Taman Nasional Hutan Manupeu Tanadaru yang terbakar sekitar 40,92 Hektar,” ungkap Kapolsek Umbu Ratunggay Iptu Lambertus Purnama.

Pemadaman api tersebut dilakukan oleh Tim dari Taman Nasional Matalawa (Manupeu Tanadaru) yang dipimpin oleh Kepala Seksi Taman Nasional Matalawa (Wilayah II Lewa) Judy Arias Mulik, S.TP dan dibantu oleh empat personel Polsek Umbu Ratu Nggay dengan cara di semprot menggunakan pompa ransel (Jet Sutter) dan juga dengan cara manual yakni menggunakan daun basah.

"Kami imbau agar masyarakat tidak membakar lahan saat membuka area perkebunan, karena sangat berpotensi akan meluas dan api sangat sulit dipadamkan.” tegas Iptu Lambertus.

Memakan waktu kurang lebih empat jam, hingga sekitar pukul 16.30 WITA akhirnya api berhasil dipadamkan. Dengan memperdayakan Bhabinkamtibmas yang ada, Kapolsek Umbu Ratunggay meminta agar sosialisasi pencegahan terjadinya karhutla dapat merubah kebiasaan masyarakat dalam mempersiapkan lahan tanam. Yaitu dengan tidak membakar lahan melaikan menggunakan obat maupun cara lain.


Penulis ; Kumbara
Penulis  ; Konan 
Penulis ; Jamet
Editor ; Ben7