Polres Sumba Barat Amankan Parade Budaya Berkuda di Lapangan Gelora Padaeweta

Polres Sumba Barat Amankan Parade Budaya Berkuda di Lapangan Gelora Padaeweta
Bupati Sumba Barat didampingi Dandim 1613 Sumba Barat dan Kapolres Sumba Barat saat gelaran parade berkuda. Sabtu (3/8), sore. (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com " Sudah sejak dulu berkuda merupakan kebiasaan masyarakat Sumba dalam beraktifitas sehari-hari, sehingga kuda dijadikan sebagai kendaraan konvensional. Kuda sendiri merupakan salah satu hewan yang dipergunakan sebagai bagian dalam prosesi adat Sumba.

 

Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Barat menggelar kegiatan budaya parade dengan berkuda. Sabtu (3/8/2022), siang.

 

Guna menjamin kondusifitas para penunggang kuda dan masyarakat yang menonton, Polres Sumba Barat hadir memberikan pengamanan dan pengawalan parade kuda tersebut.

 

Kegiatan diawali dengan berkumpulnya peserta parade di Lapangan SD Tilu Mareda (Puu Naga) yang selanjutnya menuju ke Lapangan Gelora Padaeweta, Kabupaten Sumba Barat.

 

Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, S.H., membuka langsung kegiatan parade skaligus membuka gelaran Open Tournament Pacuan Kuda Bupati Cup tahun 2022.

 

Dalam sambutannya, Bupati Sumba Barat berharap kegiatan ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat. Hal ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi pecinta kuda pacuan untuk bertanding.

 

Masyarakat Sumba Barat sangat antusias terhadap acara ini, bahkan masyarakat dari Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya ikut menonton. Dari awal hingga usai, situasi dan kondisi acara parade kuda tersebut berjalan dengan kondusif.

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelius Kodi Mete, Sekda Kabupaten Sumba Tengah yang mewakili Bupati Sumba Tengah, Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. Czi. Rahadian Firnandi, S.Hub., Int., Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Kajari Sumba Barat serta SKPD Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah.

 

 

Penulis : Mondy;

Penulis : Jamet;

Editor  : Kumbara;

Penanggung jawab : Been7