Polres Sumba Barat Pastikan Seluruh Personel dalam Kondisi Prima, Samjas Digelar 3 Hari

Polres Sumba Barat Pastikan Seluruh Personel dalam Kondisi Prima, Samjas Digelar 3 Hari
Tes Samjas (Beladiri Polri) di Halaman Mapolres Sumba Barat. Kamis (23/2/2023). (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Hari ini merupakan hari ke-2 digelarnya Kesamaptaan Jasmani (Samjas) oleh Polres Sumba Barat di Lapangan Manda Elu, Waikabubak, Sumba Barat. Kamis (23/2/2023), pagi.

 

Kabag Sumda Polres Sumba Barat AKP Ngakang Darmawan menjelaskan Samjas ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 22 s/d 24 Februari 2023. Samjas merupakan kegiatan yang sudah diagendakan setiap 6 bulan sekali.

 

“Digelar selama 3 hari tujuannya agar Samjas dapat diikuti oleh seluruh personel Polres hingga Polsek jajaran,” ujarnya.

 

Sebelum melaksanakan Samjas, kata AKP Ngakang, kesehatan personel akan di cek, meliputi pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen dalam darah, denyut nadi, tinggi berat badan dan pemeriksaan suhu tubuh, kemudian dilanjutkan dengan pemanasan.

 

“Adapun beberapa materi tes kesamaptaan jasmani yang harus dilalui personel yakni, lari 12 menit di Lapangan Mada Elu, kemudian pull up, push up, sit up dan shuttle run, serta beladiri Polri dilanjutkan di Halaman Mapolres,” jelas AKP Ngakang.

 

 

AKP Ngakan juga mengatakan bahwa, tes Samjas merupakan salah satu faktor pendukung pengembangan karier anggota Polri.

 

“Pengembangan karier yang dimaksud antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespim, Sespimma, Sekolah Inspektur Polisi dan Sekolah Alih Golongan serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat,” imbuh AKP Ngakang.

 

 

Di tempat terpisah, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur dan meningkatkan kebugaran tubuh personel. 

 

“Hal ini menjadi penting karena setiap personel Polri dituntut untuk selalu dalam kondisi fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ujar AKBP Gde Anom.

 

 

 

Penulis : Jamet:

Penulis : Mondy;

Penulis : Kris J;

Editor  : Kumbara;

Penanggung Jawab : Ben7.