Stressing pada Personel Sat Reskrim; Kapolres Sumba Barat Berikan Pembekalan dan Penekanan SOP dalam Penyelidikan Hingga Penyidikan

Stressing pada Personel Sat Reskrim; Kapolres Sumba Barat Berikan Pembekalan dan Penekanan SOP dalam Penyelidikan Hingga Penyidikan

Tribratanewssumbabarat.com; Guna meningkatkan kualitas kinerja personelnya, Kapolres Sumba Barat AKBP. FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., didampingi Wakapolres Sumba Barat Kompol Ibrahim, S.H., berikan pembekalan bagi seluruh personel Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) di Aula Mapolres Sumba Barat. Selasa (18/1/2022).


Pada kesempatan tersebut, Kapolres menginstruksikan personelnya untuk bertugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) terutama dalam setiap proses penyelidikan dan penyidikan.


“Sebagai seorang penyidik, dalam bertugas baik itu dilapangan maupun didalam ruangan, yang terpenting ialah harus sesuai dengan SOP yang telah ditentukan oleh institusi Polri,” ucapnya.


Dilanjutkan Kapolres, sesuai tugasnya menjadi personel Sat Reskim harus mampu menyelenggarakan atau membina fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana secara transparan dan akuntabel.


“Tentu saja harus transparan dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan, kemudian mengenai teknis dan taktis penyelidikan dan penyidikan harus melalui komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik dari setiap unit yang ada,” tambahnya.


Terkait administrasi penyidikan tentu saja harus sesuai tata naskah yang ada, karena Polri bekerja berbasis anggaran dan anggaran berbasis kinerja.


Terakhir Kapolres menekankan personelnya untuk melakasanakan Commander Wish (arah kebijakan) Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., dengan menjabarkan setiap direktif-direktif yang ada.

Berikut 11 Direktif Kapolda NTT:
1. Polisi adalah profesi yang mulia, niatkan setiap tugas adalah ibadah.
2. Antisipasi konflik sosial dan bencana alam.
3. Laksanakan program dan kegiatan Kapolri, terutama penanganan COVID-19.
4. Berikan pelayanan prima kepada masyarakat.
5. Tindakan kepolisian yang paling efektif adalah pencegahan.
6. Penegakkan hukum tidak diskriminatif dan tuntas.
7. Peka terhadap adanya perubahan.
8. Jaga selalu marwah Polri.
9. Perkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri dan stakeholder terkait.
10. Tingkatkan kemampuan dan moralitas anggota.
11. Manajemen media untuk mendukung citra Polri.


“Semoga di tahun 2022 ini, Polres Sumba Barat semakin profesional dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat secara transparan dan akuntabel, terbuka dan dapat dibertanggungjawabkan,” pungkas Kapolres Sumba Barat.

 

 


Penulis  : Jamet
Penulis  : Konan
Editor    : Eka
Penanggungjawab : Been7.