Jamin Kondusifitas di Wilayah Hukum, Polsek Umbu Ratu Nggay Terus Menggelar KRYD

Jamin Kondusifitas di Wilayah Hukum, Polsek Umbu Ratu Nggay Terus Menggelar KRYD
Personel Polsek URG saat sedang memeriksa kendaraan yang lewat di Jalur Trans Waingapu-Waikabubak, Jumat (10/6/2022), pagi. (Dok: Pers Sek URG).

Tribratanewssumbabarat.com; Berbagai upaya terus dilakukan POLRI dalam rangka  menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, diwilayah hukumnya masing-masing.

 

Kali ini, kembali personel Polsek Umbu Ratu Nggay (URG) menggelar kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) di Jalur Trans Waingapu-Waikabubak, Desa Praikaroku Jangga, Sumba Tengah. Jumat (10/6/2022), pagi.

 

Kegiatan yang dipimpin oleh KA SPKT I Polsek URG Bripka Budiman bersama rekannya itu dilakukan dengan cara mengecek masyarakat yang melintas pada jalur tersebut.

 

Bripka Budiman menjelaskan sasaran operasi cipta kondisi KRYD tersebut ialah senjata tajam, bahan peledak, minuman keras dan obat-obatan terlarang.

 

“Sasaran utama kami mencegah penyaluran miras dari wilayah Kabupaten Sumba Timur ke Sumba Tengah, Sumba Barat maupun Sumba Barat Daya,” ujarnya.

 

Lanjut Bripka Budiman, KRYD digelar selain memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan juga mencegah terjadinya aksi kejahatan di jalan raya seperti begal, curas, curanmor dan mobilitas ternak hasil curian.

 

“Untuk saat ini situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek URG relatif aman, tetapi kami tidak boleh lengah, justru harus lebih waspada dan peka terhadap situasi dan kondisi yang senantiasa berubah tanpa kita sadar,” tambahnya.

 

Kapolsek URG Ipda Ignasius S. R. Dangga menuturkan, operasi cipta kondisi KRYD merupakan operasi rutin dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dengan sasaran penyakit masyarakat (judi, miras, sajam) sekaligus sebagai upaya preemtif, preventif dan represif dalam mencegah pelaku kejahatan.

 

“Akan tetapi melalui operasi KRYD ini saja tidak cukup karena keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat dapat terwujud apabila ada sinergitas dan kemitraan yang baik antara pihak Kepolisian dengan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan,” tandasnya.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.