Jaga dan Lestarikan Budaya Kita, Pesan Bripka Jefri saat Hadir dalam Wula Podu Kampung Dikita

Jaga dan Lestarikan Budaya Kita, Pesan Bripka Jefri saat Hadir dalam Wula Podu Kampung Dikita
Foto : Bripka Jefri Banamtuan saat menghadiri Ritual Adat Wula Podu di Kampung Dikita. Dok. Humas. Rabu, 6/12/23.

Tribratanewssumbabarat.com " Wula podu merupakan sebuah ritual adat yang dilangsungkan masyarakat Sumba Barat setiap tahunnya. Hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sumba Barat menjalankan prosesi ritual adat wula podu ini.

 

Sebagai wujud penghargaan terhadap adat istiadat yang ada di desa binaannya, pagi ini Bripka Jefri Banamtuan hadir di kampung dikita, desa wepatola, kecamatan tana righu kabupaten sumba barat dalam pelaksanaan ritual adat wula podu yang dilaksanakan masyarakat setempat. Rabu, 6/12/23.

 

Dalam kegiatan tersebut, ia mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat yang telah dilaksanakan sejak dahulu kala. Keunikan dan kesakralan dalam ritual adat wula podu ini dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

 

 

Mari kita wujudkan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman selama berlangsungnya ritual ada wula podu ini, saat ini banyak wisatawan baik lokal maupun asing tertarik dengan ritual adat yang kita lakukan sperti sekarang ini. Hal ini akan dapat membawa dampak positif dalam perekonomian serta dikenalnya adat budaya kita di mata dunia. Ujar Jefri

 

Oleh sebab itu, maka kita harus menjaga dan mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, jangan kita rayakan ritual adat ini dengan mengkonsumsi minuman keras. Agar tidak memancing timbulnya perselisihan dan kekacauan pada ritual adat tersebut.

 

Dikatakan Bripka Jefri, ritual adat wula podu ini dilaksanakan oleh masyarakat yang menganut aliran kepercayaan marapu yang dipimpin oleh Rato adat.

 

Dalam kesempatan tersebut, jefri juga mengajak para rato adat dan masyarakat setempat untuk menjaga situasi kamtibmas selama tahapan pemilu 2024 yang tengah berlangsung. Pungkas jefri.

 

 

 

 

Humas Polres Sumba Barat.